Silahkan Baca Artikel Dibawah Ini

Sabtu, 19 November 2011

PNS SRAGEN RAIH EMAS SEA GAMES


 
       SRAGEN - Prestasi membanggakan berhasil diraih taekwondoin, Fransisca Valentina pada ajang SEA GAMES 2011, dengan meraih medali emas, Pada  partai final kelas kyorugi putri U-46 kg. di Gelanggang Olahraga POPKI, Cibubur, Senin (14/11), atlet asal sragen tersebut berhasil mengalahkan. taekwondoin Malaysia Nurul Asfahlina


       Fransisca sebelumnya lolos dari babak penyisihan awal setelah mengalahkan  taekwondoin asal Thailand, Buttree Puedpong, yang skaligus menjadi lawan terberatnya sepanjang nomor pertandingan tersebut dengan skor 2-1. Menurut Manajer Timnas Taekwondo Yosep Hungan, prestasi Fransisca sangat mengagumkan. Karena,  mampu mengalahkan atlet unggulan Thailand Buttree Puedpong peraih perak Olimpiade Beijing 2008 Fransisca mampu mengalahkan Buttree dengan angka 2-1. Dia pun tak menyangka dapat memenangi pertandingan yang menentukan langkahnya ke final itu, sebelum menghadapi taekwondoin asal Timor Leste Luis Dos Santos Rosa pada babak semi final dan menang telak 14-1.


       Di babak final, Fransisca Valentina bertemu dengan taekwondoin Malaysia, Nurul Asfahlina. Fransisca yang sebelumnya sempat bertemu dan mengalahkan Nurul di ajang Asian Games 2010 tidak begitu kesulitan mengatasi lawan yang sudah dikenalnya itu. Hasilnya Fransiska menang dengan skor cukup telak 8-2. Raihan medali emas yang diraih  taekwondoin kelahiran Sragen,  23 Maret 1987,  tersebut merupakan peningkatan prestasi, karena pada SEA GAMES 2009  Laos Sisca, panggilan akrab. Fransisca valentina hanya berhasil meraih medali perak.


       Bagi Fransisca memenangkan pertandingan hingga meraih medali emas bukanlah mustahil. “ Saya tidak ada feeling menang, saya tidak target apa-apa. Karena di kelas saya ada juara dunia, peraih perak olimpiade, saya berserah saja dan mujizat itu nyata,“ kata Fransisca.


       Dia mengaku, sejak kecil memang menyenangi olahraga beladiri. Meskipun sang ibu Yustina Nanik sempat menghalangi, namun dia mampu meyakininya dengan prestasi yang membanggakan, salah satunya meraih medali perak dalam ajang SEA Games Laos 2009.


       Yustina, bagi Fransisca merupakan sosok yang memotivasinya, sejak awal masuk SEA Games dia berjanji kepada sang ibu untuk meraih medali emas SEA Games untuk pertamakalinya  Fransisca aktif berlatih taekwondo sejak umur 13 tahun. Motivasinya, hanya ingin belajar ilmu beladiri yang terinspirasi dari sinetron “Jacky“ yang dibintangi Ari Wibowo. Namun, sejak awal dia ingin berlatih karate. “Saya salah daftar, mau ikut karate malah masuk taekwondo, dari kecil memang suka film action terinspirasi, Jacky Ari Wibowo,“ kata perempuan tomboi itu.


       Meskipun pada awalnya tidak ada keinginan untuk menjadi atlit, namun dengan mendapatkan medali emas, dia mengaku siap untuk meneruskan karirnya di bidang olahraga taekwondo hingga menjadi pelatih.


       Bukan hanya dilevel SEAGAMES saja, Sisca meraih prestasi. Pada  beberapa event internasional, atlet yang saat ini tercatat sebagai PNS di Dinas Pariwisata, Budaya, Pemuda dan Olah Raga (Disparbudpor) Kabupaten Sragen tersebut, juga berhasil meraih prestasi membanggakan.  Beberapa prestasi internasional yang pernah diraih atlet terbaik versi SIWO PWI Jawa tengah tahun 2010 tersebut diantaranya Medali emas old USA Open 2008, Medali perak 18Th Asian Championship China 2008, . Medali emas Korea Open 2007 dll. (Humas,  dari berbagai sumber)

     


Daftar prestasi Fransisca Valentina :



Prestasi internasional:

1. Medali perak Sea games Laos 2009

2. Medali emas old USA Open 2008

3. Medali perak 18Th Asian Championship China 2008

4. Medali emas Korea Open 2007

5. Medali perunggu the World korea culture 2007

6. Medali perunggu Asean University games 2006

7. Medali perunggu Sea Games Philipines 2005

8. Medaloi emas Korea festival 2005

9. Medali perak ATF Jogjakarta 2004

10. Medali perunggu World Woman Championship 2003

11. 6 besar Universiade Belgrad Serbia 2009



Prestasi Nasional

1. Medali emas Pon Palembang 2004

2. Medali emas LG cup 5 jakarta 2005

3. Atlet terbaik LG cup 2005

4. Medali emas PON Kaltim 2008


Sumber : http://www.sragenkab.go.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar