Silahkan Baca Artikel Dibawah Ini

Jumat, 03 Juni 2011

Tips Menjaga Keamanan dan Kinerja Ban

Dalam berkendaraan kenyamanan saat mengemudi,tergantung beberapa faktor,salah satunya adalah kondisi ban haruslah prima.Karena jika ban tersebut kondisinya tidak kita perhatikan ,maka besar kemungkinan kita akan mendapat kesulitan saat mengemudi kendaraan tersebut.Jadi sebaiknya sebelum anda mengemudi lakukanlah inspeksi kendaraan anda, salah satunya adalah pemeriksaan kondisi ban kendaraan anda.Adapun tips pemeriksaan kondisi ban adalah :
Periksalah tread / telapak ban secara berkala, terutama sebelum & sesudah menempuh perjalanan jauh seperti : luka terpotong baik / chipping pada bagian telapak atau dinding samping Ban, retak ataupun kerusakan lainnya. Ban yang ada retak pada karetnya atau cacat bagian luarnya sampai benang, tidak boleh dipakai, karena akan turun kekuat annya & kemungkinan besar akan timbul kerusakan yang membahayakan.
1. Pastikan tidak ada kerusakan pada pelek seperti : retak, berubah bentuk & karat yang berlebihan
2. Pastikan tidak ada keretakan, paku, pecahan logam, batu & benda asing lainnya pada Ban. Bila ada benda yang terjepit pada alur Ban, Lepaskan !!

Hal yang Harus Diperhatikan Waktu Memilih Ban

1. Pakailah Ban dengan ukuran, konstruksi, & jenis yang sama untuk keseluruhan rodanya, kecuali bila pembuat kendara an menetapkan ban yang berbeda ukuran untuk masing-masing porosnya.
2. Mencampur pemakaian Ban yang berbeda ukuran & konstruksi pada satu poros, dikhawatirkan akan menimbulkan kecelakaan karena adanya perbedaan kinerja, Maka hindari hal tersebut.
3. Pakailah pelek yang sesuai dengan ukuran & jenis bannya, Ban tubeless harus menggunakan pelek tubeless. (TB/tb)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar