Silahkan Baca Artikel Dibawah Ini

Senin, 14 November 2011

Cara Membuat Halaman About Blog

Halaman About adalah bagian yang umum ada pada setiap blog. Bahkan ketika pertama kali menginstall blog wordpress secara otomatis akan akan terdapat page about sebagai default penginstallan. Itu dulu, kalau sekarang saya gak tahu, apakah halaman about blog otomatis terbuat ketika menginstall blog baru. Tentunya halaman about harus dibuat sendiri bukan mengikuti default dari wordpress maupun engine blog anda karena kalau tidak dirubah akan menjadi tidak unik lagi bisa-bisa kena duplikat konten.
Materi ini akan membahas bagaimana seharusnya kita membuat halaman about yang baik. Halaman about harus ditulis yang unik, menarik, bermanfaat, dan tujuannya menjadikan pengunjung langsung paham inti materi dan jadi jatuh cinta pada blog anda.

Manfaat halaman about blog

Bila anda benar-benar paham dan bisa menggunakan halaman about dengan baik, maka banyak manfaat yang  bisa anda dapat :
  1. Mengenal blog anda dengan cepat, Ketika pengunjung membaca halaman about maka mereka akan bisa menangkap apa yang ada dalam blog anda secara keseluruhan secara singkat seperti jenis konten, tujuan blog, visi dan misi blogging anda.
  2. Menyukai blog anda, halaman about terbukti membantu pengunjung menyukai blog anda bila apa yang anda tulis di halaman blog sesuai dengan materi blogging anda. Ketika mereka membaca about anda, maka mereka akan berkata , ini dia blog yang saya butuhkan!!
  3. Menambah pembaca setia blog anda, Bila anda menambahkan beberapa sentuhan kecil pada halaman about  blog anda bisa menarik beberapa pengunjung menjadi pembaca setia yang akan datang kembali ke blog anda.
  4. Menambah kepercayaan dan kredibilitas anda di mata pembaca. Bila anda menampilkan informasi yang tepat di halaman about bisa menarik pembaca biasa menjadi percaya dan menganggap anda sebagai blogger yang kredibel di bidangnya.
Empat poin tersebut sangat penting karena dengan  begitu traffik anda bisa meningkat, konversi penjualan blog anda pun bertambah.

Teknik menulis halaman about

Untuk membuat halaman about yang baik anda bisa menerapkan beberapa teknik berikut :
  1. Perkenalkan diri anda, hal yang pertama ingin diketahui pembaca adalah info tentang si blogger yang punya blog. Jangan takut untuk mengungkapkan tentang diri anda yang berkaitan dengan topik blog anda. Tidak perlu menuliskan hal-hal pribadi cukup hal yang mengenai topik blogging anda.
  2. Tujuan dan manfaat blogging, Bila anda punya tujuan atau target tertentu dalam membuat blogging tuliskan agar pembaca mengetahuinya. Dan yang paling penting berikan alasan manfaat apa yang didapat bagi pengunjung dari blog anda.
  3. Tambahkan prestasi , Bila anda memiliki suatu yang bisa dibanggakan berkaitan dengan tema blogging anda jangan sungkan untuk menuliskannya. Misalkan blog tentang resep dan anda seorang juara lomba masak tingkat RT, koki restoran nasi kucing, dll. Tuliskan prestasi yang anda punya agar pembaca percaya bahwa anda orang yang tepat untuk memberikan konten di blog anda sendiri. Bila blog anda tentang bisnis tidak ada salahnya memperlihatkan penghasilan bisnis anda sekarang. Dengan adanya bukti prestasi yang anda raih, pengunjung akan lebih percaya dengan apa yang anda tulis karena mereka menganggap anda adalah ahlinya. Blog anda tentang SEO taruh saja gambar ranking website anda di google.
  4. Tautkan link-link penting, Yang lupa tautkan beberapa link penting yang disukai pengunjung. Misalkan tempat produk anda, halaman gratisa, halaman yang paling banyak dibaca ( bisa di cari di statistik blog anda). Bila link-link yang anda taruh benar-benar bagus, maka pengunjung bisa menyimpulkan bahwa blog anda bagus.
  5. Berikan action akhir, sebagai sentuhan akhir dari perkenalan blog anda berikan sentuhan akhir agar pengunjung bersedia melakukan sesuai yang memberikan keuntungan bagi mereka seperti download ebook gratis, gabung pada feed blog, download software, sign up forum dan berbagai tindakan yang memberikan nilai lebih kepada para pengunjung anda.
Dan hal yang juga penting adalah jangan menulis perkara-perkara yang tidak perlu karena seorang yang ingin mengunjung halaman about biasanya didorong oleh rasa ingin tahu siapakah blogger yang punya blog? Apa saja materi blog-nya? Dari rasa penasaran tersebut kita manfaatkan dengan memberikan apa yang mereka ingin tahu dan kita tambahi dengan nilai plus kepada pengunjung.
cara terbaik untuk membuat halaman about yang bagus adalah dengan mempelajari halaman about dari para blogger-blogger populer dan sukses. Anda bisa pelajari beberapa teknik untuk dikombinasikan sehingga menjadi halaman yang benar-benar enak dibaca dan memberikan nilai plus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar